Beranda · Tips dan Tutorial · Jaringan · Komputer · Blog

Pengertian Repeater dan Fungsinya

Pengertian Repeater

Berbicara tentang Repeater, tidak akan jauh dari subjek jaringan. Repeater adalah salah satu alat yang berguna pada jaringan komputer. Jaringan komputer cukup rumit untuk dipahami oleh orang awam.
Pengertian Repeater dan Fungsinya

Tak peduli perangkat yang ada di jaringan, fungsi dan cara kerja jaringan saja, pada dasarnya cukup rumit untuk dipelajari. Meski cukup rumit, namun kali ini, kami akan mencoba berbagi sedikit informasi tentang salah satu perangkat jaringan komputer yang disebut repeater.
Baca juga : Pengertian Jenis, Fungsi, Cara Kerja HUB Beserta kelebihan dan Kekurangan HUB

Apa itu repeater ? 

Banyak orang bertanya-tanya tentang repeater beserta kegunaan repeater. Repeater pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris 'repeat' yang berarti pengulangan. Jika ditafsirkan dari suku kata, maka Repeater bisa diartikan sebagai repeater, atau jika disempurnakan dalam bahasa, maka repeater adalah alat yang berguna untuk mengulang dan meneruskan sinyal kembali ke area sekitar perangkat ini.

Jika diteliti dalam bahasa teknis, maka pengertian Repeater adalah alat yang berguna untuk menguatkan sinyal. Dengan alat ini, sinyal lemah dapat ditingkatkan dalam daya jangkauan sehingga bisa digunakan untuk area yang lebih luas.
Baca juga : Pengertian Jenis, Fungsi, Cara Kerja Switch Beserta kelebihan dan Kekurangan Switch

Fungsi Repeater

Perluasan jangkauan sinyal server
Fungsi pertama alat ini adalah memperluas cakupan singlenal. Jika sinyal lemah, rentang daya akan lebih sempit, sedangkan bila sinyal kuat maka jangkauannya akan lebih lebar.

Meliputi berbagai area sinyal minimal dari server
Dengan menggunakan repeater, area dengan sinyal minimal bisa lebih mudah mendapatkan sinyal. Ini karena sinyal lemah dibuat lebih kuat dengan alat ini.

Kemudahan akses sinyal WiFi
Dengan sinyal yang lebih kuat tentunya pengguna perangkat yang membutuhkan sinyal bisa lebih mudah mengakses sinyal. Salah satu aplikasi alat ini adalah sinyal WiFi.

Teruskan dan maksimalkan sinyal
Fungsi keempat adalah melanjutkan dan memaksimalkan sinyal. Dalam fungsi ini, repeater bekerja dengan cara menangkap, mengatur, memperbesar, dan meneruskan sinyal ke berbagai perangkat jaringan yang ada di sekitar alat ini.

Memfasilitasi proses pengiriman dan penerimaan data
Dengan sinyal yang lebih kuat proses pengiriman dan penerimaan data antar pengguna perangkat jaringan atau melalui jaringan bisa dilakukan lebih cepat. Hal ini bisa disamakan saat mobil melaju di jalan raya (saat menggunakan repeater).

Minimalkan penggunaan kabel jaringan
Sistem kerja Repeater adalah melalui sinyal nirkabel. Dengan menggunakan alat ini, penggunaan kabel ribet dan chaotic bisa dihindari.

Itu tadi sedikit share tentang  Pengertian Repeater dan fungsinya, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu tentag perangkat jaringan komputer. selamat belajar dan sukses selalu.

Terimakasih telah berkunjung dan menyempatkan untuk membaca.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Repeater dan Fungsinya "

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar

[1] Dilarang menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktif, dsb

[2] Dilarang Berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politik, Provokasi,

[3] Berkomentarlah yang Sopan, Bijak, dan Sesuai Artikel, (Dilarang OOT)

All About