Beranda · Tips dan Tutorial · Jaringan · Komputer · Blog

Pengertian Gateway (Gerbang Jaringan) dan Fungsinya

Pengertian Gateway (Gerbang Jaringan) 

Gateway adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan aturan komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat dialirkan ke jaringan komputer lain dengan berbagai aturan jaringan. Artinya arti utama dari istilah network gate.

Seiring internet menyebar, gateway jaringan sering bergeser. Tak jarang juga para pemula menyamakan "gerbang jaringan" dengan "penghala" (router) yang tidak benar.
Baca: Pengertian Macam-Macam Jenis Topologi
Terkadang, gateway jaringan digunakan untuk menggambarkan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya.

Pengertian Gateway (Gerbang Jaringan) dan Fungsinya

Hal ini muncul karena sering terjadi perbedaan dalam aturan komunikasi di jaringan komputer yang terjadi hanya pada tingkat jaringan komputer yang besar.

Istilah gateway mengacu pada perangkat keras atau perangkat lunak yang menjembatani dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer antar komputer yang berbeda.

Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, jadi pertukaran email bisa dilakukan pada sistem yang berbeda.

Host yang digunakan untuk mengalihkan lalu lintas jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya, juga digunakan untuk melewatkan lalu lintas jaringan dari satu protokol ke protokol lainnya.

Digunakan untuk menghubungkan dua jenis jaringan komputer dengan arsitektur yang sama sekali berbeda. Jadi gatewaynya lebih kompleks dari pada jembatan.

Gateway bisa diaplikasikan antara lain untuk menghubungkan IBM SNA dengan DNA digital, LAN (Local Area Network) dengan WAN (Wide Area Network).
Baca Juga : Jenis - Jenis Jaringan Komputer Beserta Kelebihan dan Kekuranganya
Salah satu fungsi pokok dari gateway adalah melakukan konversi protokol, sehingga dua arsitektur jaringan komputer yang berbeda dapat berkomunikasi.

Gateway juga bisa diartikan sebagai komputer yang memiliki minimal 2 buah antarmuka jaringan untuk menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih.

Di Internet, sebuah alamat dapat dicapai melalui gateway yang menyediakan jalur / rute ke arah mana yang harus dilalui sehingga paket data sampai ke tujuan. Kebanyakan gateway menjalankan routing daemon (program yang secara dinamis memperbarui tabel routing).

Oleh karena itu gateway juga biasanya berfungsi sebagai router. Gateway / router bisa berbentuk kotak Router seperti Cisco, 3COM, dll, atau bisa juga komputer yang menjalankan Network Operating System plus routing daemon.
Baca juga:
Istilah Istilah Umum Pada Jaringan Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui
Misalkan PC diinstal oleh Unix FreeBSD dan menjalankan program Routed or Gated. Tapi dalam penggunaan Natd, routing daemon tidak perlu dijalankan, jadi hanya memasang gateway saja.

Demikian sedikit share tentang Pengertian Gateway (Gerbang Jaringan) dan Fungsinya  Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu, semoga bermanfaat. Selamat belajar dan sukses selalu.

Terimakasih telah berkunjung dan menyempatkan untuk membaca.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Gateway (Gerbang Jaringan) dan Fungsinya"

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar

[1] Dilarang menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktif, dsb

[2] Dilarang Berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politik, Provokasi,

[3] Berkomentarlah yang Sopan, Bijak, dan Sesuai Artikel, (Dilarang OOT)

All About