Pengertian Tag Attribute (rel="nofollow")
Pengertian apa itu NoFollow ? tag rel='nofollow' attribute atau Tag Nofollow adalah tag HTML yang memberitahukan kepada search engine atau mesin pencari untuk memotong link selama pengindekan.
Dengan kata lain, Search enggine seperti Google, Yahoo! dan Bing akan merayapi (
crawling) web atau blog secara berkala untuk mencari dan mengindeks halaman baru yang akan dimasukkan di dalam hasil pencarian kata kunci (
keyword search result).
Setiap link pada halaman web atau blog akan diikuti (follow) selama proses pengideksan berlangsug. Halaman yang diikuti dengan link masuk internal yang banyak dan relevan akan diranking lebih tinggi oleh search enggine di dalam pencarian dari pada halaman yang mempunyai link masuk yang sedikit. Jika kamu ingin links yang ada di blog kamu tidak di indeks oleh mesin pencari maka kamu bisa menggunakan NoFollow tag. Pada penggunaan tag NoFollow menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir ini dikarenakan dari beberapa faktor seperti iklan teks link yang berbayar, spammers yang mencoba untuk lebih meningkatkan jumlah links masuk ke dalam situs mereka dengan melakukan spam pada kolom komentar, dan lain sebagainya
Cara kerja rel='nofollow' ?
Ketika mesin pencari (search engine spider) datang ke sebuah halaman web, respond standar adalah untuk mengindeks halaman dan mengikuti semua links yang ada di halaman tetapi ketika search engine spider melihat links beratribut nofollow maka dia akan bekerja sebagai berikut:
- Tidak akan mengikuti atau follow link ke situs baru
- Tidak memasukkan link teks di dalam nilai relevansi untuk keyword (kata kunci)
- Tidak menghitung link ke skor popularitasnya di peringkat search enggine (mesin pencari)
Sebagai contoh dibawah ini adalah penulisan HTML tag NoFollow
<a href='http://www.twitter.com' rel='nofollow'>Twitter</a>
Html tag nofollow diatas adalah sebuah perintah HTML agar supaya search engine tidak mem-follow atau mengikuti link ke Twitter dan otomatis search engine tidak akan mengindeks halaman Twitter tersebut.
Search engine tidak akan menghukum (sangsi) situs atau blog kamu jika di halaman situs kamu memiliki link nofollow, jangan berfikir bahwa memakai nofollow adalah hal yang buruk atau mengganggap sebagai spam, penggunaan link nofollow mengindikasikan search engine bahwa link tersebut bukan milik kamu atau bukan untuk di follow.
Penempatan rel='nofollow' yang seharusnya ?
Sebagian besar search engine menyarankan kita agar menempatkan tag HTML nofollow ini pada link yang berasal dari sumber yang tidak dapat kamu jamin atau tidak kamu ketahui seperti:
- Forum
- Komentar
- User generated content
Kamu juga bisa menaruh tag rel='nofollow' pada sebuah link yang mengarah ke iklan (atau sesuaikan dengan perjanjian periklanan yang kamu gunakan)
Menggunakan tag NoFollow pada Link Sculpting
Pasti sebagian dari kamu bingung apa itu Link Sculpting, nah sedikit gmabaran tentang Link Sculpting ?
Link Sculpting adalah salah satu teknik SEO dimana kamu bisa memilih halaman yang akan kamu prioritaskan agar mempunyai page rank yang lebih tinggi dengan menaruh link dofollow dan menaruh rel='nofollow' pada link halaman yang tidak diprioritaskan.
contoh: link login, link registrasi, dan lain sebagainya.
Kelebihan dan Kekurangan Tag Nofollow
Kelebihan Tag Nofollow
- Lebih disukai dan diminati oleh google dalam hal SEO, sebab search enggine (mesin pencari) lebih suka jenis blog dalam kategori seperti ini.
- Meningkat SEO.
- Pada komenta SPAM tidak terlalu banyak.
- Google tidak mengganggapnya sebagai blog.
- Pada Page Rank blog kita akan cenderung murni dan stabil.
- Pada Page Rank blog seperti alexa biasanya akan stabil dan meningkat.
- Lebih cenderung terlindung oleh google panda, kerena traffic blog lebih stabil dan lebih aman.
- Lebih menantang kamu untuk membuat artikel-artikel berkualitas SEO.
- Keluar masuknya link menjadi lebih stabil.
- Aman dari SPAMMER yang asal-asalan yang mencari backlink.
Kekurangan Tag Nofollow
- Jumlah komentar pada blog kita juga tergantung dari kualitas blog yang kita buat, karena blog nofollow cenderung sedikit dalam hal komentar
- Pengunjung blog kita tidak akan seramai dari blog dofollow.
- Peningkatakn page rank yang berjalan menjadi kurang cepat, karena peningkatan page rank tergantung dari backlink dan artikel-artikel yang berkualitas dari blog kita
- Blog yang kita buat tidak akan setenar blog dofollow.
Cara Mengetahui Blog Nofollow Atau Dofollow
Menggunakan Google Chrome
- Pasang ekstensi Seo For Chrome
- Jika sudah berhasil di pasang silahkan klik ikon Seo For Chrome (berada di pojok kanan atas)
- Pada opsi bawah sendiri silahkan ceklist Show NoFollow
- Maka link nofollow akan ditandai dengan kotak warna merah sedangkan link dofollow tidak
Menggunakan Mozila Firefox
- Pasang add ons bernama Nodofollow
- Pasang dan instal add ons seperti biasanya kemudian restart Mozila Firefox kamu
- Klik kanan pada laman blog kemudian pilih Nodofollow
- Maka link yang menggunakan dofollow akan berwarna biru muda dan yang menggunakan nofollow akan berwarna merah muda.
loading...
Belum ada tanggapan untuk "Kelebihan dan Kekurangan Tag Atribute (rel="nofollow")"
Posting Komentar
Peraturan Berkomentar
[1] Dilarang menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktif, dsb
[2] Dilarang Berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politik, Provokasi,
[3] Berkomentarlah yang Sopan, Bijak, dan Sesuai Artikel, (Dilarang OOT)