Google PageRank
Apa itu Google PageRank? bagaimana pengertian dan cara menghitung Google pagerank itu? pernahkah kamu mendengar tentang itu pagerank? dari beberapa sumber yang saya baca, Google Pagerank adalah alat pembanding untuk mengukur arti dan pentingnya sebuah halaman web di dunia internet. Google Page Rank atau biasanya sih disebut PR pada awalnya dikembangkan oleh Larry Page, co-owner Google, algoritma Pagerank telah berubah selama bertahun-tahun seperti kebanyakan algoritma Google lainnya, bahkan algoritma PR adalah rahasia umum yang terjaga dengan baik.
Apakah Penggunaan Google PageRank?
Google PageRank dapat digunakan untuk melihat apakah sebuah halaman memiliki otoritas atas isinya, semakin tinggi peringkat halaman maka lebih tinggi kualitas dan otoritas dari halaman web lainya. Sebuah peringkat halaman dari 5 (PR 5) berarti bahwa halaman web memiliki suatu pegangan yang kuat atas isi yang ada di dalamnya, sementara peringkat halaman dari 2 berarti halaman itu hanya merupakan sumber informasi yang biasa dan belum mempunyai kualitas yang tinggi dengan informasi yang ada didalamnya, bagi web/blog yang masih baru kebanyakan atau biasanya belum mempunyai pagerank (PR N/A).
Baca juga : Cara Cek Kualitas SEO Blog
Bagaimana PageRank Dihitung?
Dalam konteks ini, kita hanya bisa menebak faktor-faktor yang membentuk
Google PageRank. Tapi ini umumnya diketahui bahwa faktor yang paling penting dari Pagerank Google adalah link dari website lain yang terkait (link
dofollow yang relevan, bukan
nofollow), semakin tinggi peringkat halaman dari halaman web yang link ke kamu maka lebih tinggi peringkat halamanmu, dan juga semakin banyak jumlah halaman web yang nge-link ke kamu juga akan menaikkan peringkat halamanmu.
Maksud dari link dofollow yang relevan adalah link yang mempunyai relevansi dengan apa yang ada pada halaman web kamu, sebagai contoh web atau blog kamu bertemakan/membahas tentang komputer maka kamu harus mencari link dofollow dari website lain dengan tema komputer juga, jangan mencari link yang bertemakan tentang musik, kesehatan,dll yang tidak sesuai dengan apa yang kamu bahas pada web/blog yang kamu kelola.
Beberapa faktor lainnya yang mungkin mempengaruhi Pagerank Google
- Optimasi Search Engine (SEO)
- Jaringan Sosial
- Komentar
- Waktu pada Halaman (berapa lama pengunjung diam di halaman web)
- Bounce Rate (persentase dari pengunjung masuk dan keluar dari halaman web)
Apakah Hight PR Akan Lebih Baik Pada Hasil Pencarian (SERP/Search Engine Result Page)?
Sebuah Google PageRank yang lebih tinggi pasti akan membantu kamu dalam SERP dan di-indeks lebih cepat, tetapi tidak selalu berarti bahwa semakin tinggi peringkat halamanmu akan lebih baik pada hasil pencarian. Ada hal-hal lain yang masuk ke dalam perhitungan Google untuk memutuskan halaman mana yang mendapatkan peringkat tinggi di search engine. Sebuah Google Pagerank tinggi pasti akan membantu tapi itu bukan segalanya untuk memutuskan web kamu akan mendapatkan di posisi pertama pada hasil pencarian
Baca juga : Cara Setting Permalink di Blogspot Agar SEO
Kapan Google PageRank di Dapatkan?
Google pagerank biasanya akan di-update setiap 3 bulan atau 4 kali dalam setahun, cobalah untuk membuat artikel yang menarik bagi web kamu, carilah link dofollow yang relevan dari website/blog atau sumber lain yang mempunyai ranking lebih tinggi dari web kamu, jangan mencari link yang terlalu banyak dalam waktu yang singkat karena Google akan mencurigai web kamu (hati-hati.. Google sangat ketat dengan web spam), update web/blog kamu dengan konten yang fresh dan menarik maka sedikit demi sedikit Google akan mempercayai situs kamu dan pagerank pun bisa kamu dapatkan. Untuk mengecek pagerank dari situs kamu silahkan masuk ke situs
PRChecker
Demikian sedikit share tentang Google Page Rank - Pengertian Apa Itu Page Rank? ini membantu dan menambah referensi informasi kamu.
Terimakasih telah berkunjung dan menyempatkan untuk membaca.
loading...
Belum ada tanggapan untuk "Google Page Rank - Pengertian Apa Itu Page Rank?"
Posting Komentar
Peraturan Berkomentar
[1] Dilarang menghina, Promosi (Iklan), Menyelipkan Link Aktif, dsb
[2] Dilarang Berkomentar berbau Porno, Spam, Sara, Politik, Provokasi,
[3] Berkomentarlah yang Sopan, Bijak, dan Sesuai Artikel, (Dilarang OOT)